3 Cara yang Efektif Untuk Meminimalisir Pertengkaran dalam Pernikahan Baru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Fase di awal pernikahan adalah salah satu fase yang lumayan berat di hadapai oleh seseorang, karena banyak faktor yang muncul menimbulkan masalah, belum lagi masalah adaptasi dengan kehidupan yang baru, kebiasaan-kebiasaan baru.

Dari sekian masalah tersebut, jika anda sebagai pasangan baru tidak bisa mengelola atau tidak bisa mengatasi nya dengan baik maka akan timbul pertengkaran – pertengkaran yang sebelumnya tidak anda rasakan saat berpacaran atau taaruf, dan parah nya tidak sedikit yang berakibat fatal , menyerah dan berujung pada perpisahan padahal usia pernikahan juga masih seumur jagung.

Nah di dalam kesempatan kali ini saya akan share tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul di masa-masa awal rumah tangga.

Langsung yang pertama – saling terbuka , pastikan anda dan pasangan anda tidak ada satu hal pun yang di sembunyikan, apapun rahasia anda pasangan anda harus tahu, anda harus mengibaratkan pasangan anda sebagai diri anda sendiri sehingga pasangan harus tahu masalah yang sedang anda hadapi, rahasai-rahasia kecil pun pasangan harus tahu.

Ya walaupun sebagian orang bilang bahwa suami atau istri juga memiliki privasi masing-masing, iya itu menurut orang lain seperti itu tidak masalah , saya pun tidak menyalahkan, tapi menurut saya suami istri harus saling terbuka tidak ada yang di tutup-tutupi.

Lanjut yang kedua – komunikasi yang intens dan berkualitas, kenapa harus berkualitas? Yang saya lihat dari klien saya atau saya lihat langsung di masyarakat, pasangan suami istri jarang memiliki waktu ngobrol yang berkualitas, kebanyakan hanya ngobrol ringan, basa basi, ngobrol serius hanya ketika anda masalah saja, nah mulai dari sekarang luangkan waktu minimal beberapa menit sebelum tidur untuk ngobrol yang tidak sekedar basa basi, misalkan berbicara tentang rencana ke depan, atau sharing masalah pekerjaan dan lain sebagainya, luangkan waktu untuk ngobrol serius sekalipun tidak sedang tidak ada masalah atau pembahasan serius yang perlu di bicarakan.

Tips yang ketiga – saling menerima kekurangan masing-masing, ok mungkin anda dengan pasangan anda saat berpacaran sudah berikrar atau berjanji untuk menerima masing-masing kekurangan kalian, tapi saat berpacaran anda dan pasangan anda saya yakin belum menjadi diri anda sendiri sepenuh nya, tanpa anda sadari sedang berakting sebaik mungkin di hadapan pasangan anda, nah ketika sudah mulai berumah tangga, anda baru akan menjadi diri sendiri, kekurangan masing-masing pasangan akan mulai terlihat, disaat seperti inilah kedewasaan dan kebijaksanaan anda dan pasangan anda sangat diperlukan.

Ingat anda sendiri tidak sempurna dan berharap pasangan anda mau untuk menerima, namun sebelum itu anda juga harus siap menerima kekurangan dari pasangan anda

Saya rasa 3 tips tersebut sudah cukup, jika saya tambah masih bisa banyak, tapi mulai lah dari ketiha hal tersebut, 3 tips tersebut pun saya yakin semua orang termasuk anda juga sudah tahu, hanya saja kurang atau bahkan tidak bisa melakukanya secara maksimal.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan kekurangan dari uang asmak, semoga bermanfaat untuk anda.

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.