Cara Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Awal-awal pernikahan memang semua terasa sangat menyenangkan, namun disisi lain juga ada masalah-masalah yang harus di hadapi, mulai dari menyatukan dua keluarga yang berbeda, pasangan mulai terlihat sifat-sifat aslinya.

Masalah-masalah ini bisa menjadi penyebab perceraian di usia pernikahan yang seumur jagung, lalu bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa tips dan cara agar anda yang baru memulai pernikahan semakin harmonis

  1. Saling percaya

Rasa saling percaya dan komitmen dari kedua pasangan mutlak diperlukan untuk kehidupan pernikahan yang baik dan bahagia.

Kedua pasangan harus terbiasa berbagi semua suka duka dan masalah satu sama lain.

  1. Tingkatkan Kualitas emosional

Kedua pasangan harus menanamkan kasih sayang yang berkualitas, saling menyayangi, simpati empati, kesabaran, dan sikap kooperatif.  Selain itu, kematangan fisik dan mental diperlukan untuk mencapai keharmonisan dalam pernikahan.

  1. Komunikasi yang intens

Komunikasi yang akrab dan bersahabat antara suami dan istri cenderung memperkuat hubungan pernikahan dan membuatnya lebih awet. Anda harus menghindari sikap kasar kepada pasangan karena argumen dan tuduhan yang kasar dapat sangat merusak komunikasi.

Masing-masing pasangan harus berhati-hati untuk menunjukkan rasa hormat, sopan santun, dan kesopanan kepada yang lain. Hal ini untuk menjadikan rumah bahagia dan penuh sukacita.

  1. Penyesuaian hubungan intim

Berhubungan intim antar pasangan yang sudah menikah adalah kebutuhan yang harus selalu terjaga. Tidak diragukan lagi itu adalah penyesuaian paling penting dalam kehidupan pernikahan. Melalui hubungan intim, suami dan istri bisa menciptakan kedekatan emosional.

  1. Penyesuaian finansial

Kunci kesuksesan dalam kehidupan pernikahan sebagian besar terletak pada penyesuaian keuangan. Sebagian besar perceraian disebabkan oleh faktor finansial atau pendapatan keluarga yang kecil. Setelah menikah pasangan harus hati-hati merencanakan anggaran untuk menghindari pengeluaran berlebihan.

  1. Penyesuaian dengan mertua

Tahun pertama pasangan muda menikah adalah tahun dengan banyak penyesuaian. Selain melakukan penyesuaian dengan pasangan masing-masing, kedua pasangan harus melakukan penyesuaian dengan mertua.

Itulah beberapa cara menjaga keharmonisan rumah tangga yang baru memulai bahtera pernikahan

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.